Posted by : Karta_Jaya

Begitu banyak model dari menu navigasi ini. Sampai-sampai kita bingung untuk membuatnya dalam blog. tetapi itu semua tergantung sobat blogger. Yang manapun anda coba, pasti itulah yang terbaik untuk anda.
Masih dalam membuat menu navigasi,saya sebelumnya sudah pernah memberikan tips yang berhubungan dalam menu navigasi. Untuk membacanya, silahkan BACA DISINI.
Sobat blogger, untuk tampilan dari menu ini lebih canggih dari yang sebelumnya. Dimana menu ini mempunyai cabang hingga tak terhingga, menurut keinginan kita.
Oke jika sobat ingin membuatnya dalam blog, silahkan ikuti tips ini sampai selesai, jangan tanggung-tanggung.
Berikut langkah-langkah dari membuat  menu multilevel ini.



1. Login ke blogger dengan akun anda
2. Pilih Rancangan
3. pilih Edit HTML
4. Cari kode <head> dan letakkan kode berikutdi bawah kode <head>
<!--[if lte IE 7]>
<style type="text/css">
html .jqueryslidemenu{height: 1%;} /*Holly Hack for IE7 and below*/
</style>
<![endif]-->
<script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.2.6/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script src='http://sites.google.com/site/anasprod/jqueryslidemenu.js' type='text/javascript'/>
5. Lalu letakkan kode css berikut di atas kode ]]></b:skin>
.jqueryslidemenu{
font: bold 13px Verdana;
background: #800000;
width:100%;
float:left
}

.jqueryslidemenu ul{
margin: 0;
padding: 0;
list-style-type: none;
}

/*Top level list items*/
.jqueryslidemenu ul li{
position: relative;
display: inline;
float: left;
}

/*Top level menu link items style*/
.jqueryslidemenu ul li a{
display: block;
background: #800000; /*background of tabs (default state)*/
color: white;
padding: 8px 10px;
border-right: 1px solid #778;
text-decoration: none;
}

* html .jqueryslidemenu ul li a{ /*IE6 hack to get sub menu links to behave correctly*/
display: inline-block;
}

.jqueryslidemenu ul li a:link, .jqueryslidemenu ul li a:visited{
color: white;
}

.jqueryslidemenu ul li a:hover{
background:#B30000; /*tab link background during hover state*/
color: white;
}

/*1st sub level menu*/
.jqueryslidemenu ul li ul{
position: absolute;
left: 0;
display: block;
visibility: hidden;
background:#B30000;
}

/*Sub level menu list items (undo style from Top level List Items)*/
.jqueryslidemenu ul li ul li{
display: list-item;
float: none;
}

/*All subsequent sub menu levels vertical offset after 1st level sub menu */
.jqueryslidemenu ul li ul li ul{
top: 0;
}

/* Sub level menu links style */
.jqueryslidemenu ul li ul li a{
font: normal 13px Verdana;
width: 160px; /*width of sub menus*/
padding: 5px;
margin: 0;
border-top-width: 0;
border-bottom: 1px solid gray;
}

.jqueryslidemenuz ul li ul li a:hover{ /*sub menus hover style*/
background: #eff9ff;
color: black;
}

/* ######### CSS classes applied to down and right arrow images ######### */

.downarrowclass{
position: absolute;
top: 12px;
right: 7px;
}

.rightarrowclass{
position: absolute;
top: 6px;
right: 5px;
}
#footheader {
width: 100%;
float:left;
margin:0 0 0;
padding:0 0 0;
position:relative;
}
Kode tersebut adalah tampilan dari menu navigasi anda. Silahkan anda edit sesuai kebutuhan anda.

6. Nah sekarang kita menuju kebawah untuk menemukan kode seperti ini:
<div id='header-wrapper'>
<b:section class='header' id='header' maxwidgets='1' showaddelement='no'>
<b:widget id='Header1' locked='true' title='Bisnis Di Internet (Header)' type='Header'/>
</b:section>
</div>
Pastikan kode yang kita temukan seperti kode yang berwarna Biru. Karena kode yang berwarna hitam berbeda-beda setiap template.

7. Lalu letakkan kode berikut di bawah kode yang tadi
<div id='footheader'>
<b:section class='footheader' id='footheader' preferred='yes'>
</b:section>
</div>
8. Kalau sudah, silahkan Simpan Template.

Pekerjaan belum selesai, sekarang kita menuju Elemen Laman.
Terlihat pada "Elemen Laman" muncul tempat gadget baru, lalu klik aja "Tambah Gadget" dan pilih HTML/JavaScript dan masukkan kode dibawah ini.
<div id="myslidemenu" class="jqueryslidemenu">
<ul>
<li><a href="/">Home</a></li>
<li><a href="http://sangmerak.blogspot.com">SangMerak</a></li>
<li><a href="#">Kategori</a>
<ul>
<li><a href="#">Sub Kategori 1</a></li>
<li><a href="#">Sub Kategori 2</a></li>
</ul>
</li>
<li><a href="#">Item 3</a></li>
<li><a href="#">Folder 2</a>
<ul>
<li><a href="#">Sub Item 2.1</a></li>
<li><a href="#">Folder 2.1</a>
<ul>
<li><a href="#">Sub Item 2.1.1</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 2.1.2</a></li>
<li><a href="#">Folder 3.1.1</a>
<ul>
<li><a href="#">Sub Item 3.1.1.1</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 3.1.1.2</a></li>
</ul>
</li>
<li><a href="#">Sub Item 2.1.4</a></li>
</ul>
</li>
</ul>
</li>
<li><a href="http://tutorial-jitu.blogspot.com">Tutorial Blog</a></li>
</ul>
<br style="clear: left" />
</div>
Nah kode diatas adalah kode dari widgetnya silahkan di edit sesuai kebutuhan Anda.
Jika sudah selesai, silahkan anda SAVE.

semoga bermanfaat

{ 5 komentar... read them below or Comment }

  1. kok ngak bisa ya, triknya ini dah pernah dicoba belom mas?? mohon bantuan nya mas
    hasilnya saya dah buat di blog ane tp gak bisa dropdown nya...http://www.dainangi.blogspot.com.
    Thanks

    BalasHapus
  2. Horas...mungkin anda harus lebih hati2 untuk meletakkan kode2nya.

    BalasHapus
  3. @Sianturi : Benar apa yang di katakan oleh sobat Pelajar blog.
    Dalam menempatkan kode kita harus kati-hati. Kalo memang dalam template kita tidak ada kode yang diminta oleh tip ini, jangan teruskan. Lebih baik sobat blogger mencari tips yang lain, siapa tau ada yang lebih bagus. Karena setiap kode HTML/CSS template itu berbeeda-beda.Thanks (Jkt/2012)

    BalasHapus
  4. di kode HTML/Css saya gak ada kode
    gimana nih caranya?ohon bantuannya

    BalasHapus
  5. @ummi : Oh yah jangan lupa di Expand Tempalte Widget
    dan kalu boleh silahkan anda cari kode yang mirip dengan kode tersebut..Thanks..

    BalasHapus

Tukaran Link Yooo...Silahkan Masukkan Nama dan URL Blog Kamu di Dalam Kotak di Bawah Ini. Silahkan Konfirmasi Saya di HUBUNGI KAMI untuk Melakukan Link Balik ke Blog Anda. Terima Kasih

Terima Kasih Telah Bertukaran Link Dengan Kami. Secepatnya Akan Kami Link Balik

Welcome to My Blog

Blog Archive

Tips Blog


Silahkan Anda Baca Artikel Kami, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda di Kolom Komentar.





Page Rank Checker Logo Forantum I Blogging Is My Life Photobucket Blogger Help Templates Widgets SEO Tips aRvaNs Site's WAHYOKU BLOG

Jika Sobat Menghapus Link TTB dari blog sobat, maka TTB-pun akan Berbuat hal yang sama. Adil kan?




Silahkan Anda Klik Salah Satu Link Iklan Di Atas


Widget Blog


Silahkan Anda Baca Artikel Kami, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda di Kolom Komentar.


- Copyright © TIPS dan TRIK BLOG -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -